Thursday, November 24, 2016

Bentuk dan Sistem Pemerintahan Italia



Bentuk dan Sistem Pemerintahan Italia
A. Bentuk Negara Italia
Italia adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan. Kawasan pesisir negara ini berhadapan dengan Laut Liguria, Laut Tirenia,Laut Ionia, dan Laut Adriatik yang kesemuanya berhubungan langsung dengan Laut Tengah. Negara merdeka San Marino dan Vatikan adalah enklave di Italia, sedangkan Campione d'Italia adalah eksklave Italia di Swiss. Wilayah Italia meliputi kira-kira 301.338 km persegi dan dipengaruhi oleh iklim sedang. Dengan populasi sejumlah 60,8 juta jiwa, Italia merupakan negara berpenduduk terbanyak kelima di Eropa, dan terbanyak ke-23 di dunia Roma adalah ibu kota Italia.

B. Sistem Pemerintahan Italia
Bentuk pemerintahan Italia adalah Republik. Kepala Negara Italia adalah Presiden Italia, sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri Italia. Italia menganut sistem pemerintahan Parlementer.
 Sebagai kepala negara, Presiden Republik merupakan kesatuan bangsa dan memiliki banyak tugas yang sebelumnya diberikan kepada raja Italia. Presiden berfungsi sebagai titik hubungan antara tiga cabang kekuasaan: ia dipilih oleh anggota parlemen, ia menunjuk eksekutif, dan merupakan presiden peradilan. Presiden juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata.                                            
Presiden Republik mengangkat Dewan Menteri dan para Perdana Menteri. Perdana menteri menyarankan Presiden Republik pada komposisi sisa Dewan Menteri (kabinet), yang terdiri dari para menteri yang bertanggung jawab atas berbagai departemen pemerintah. Dalam prakteknya, Presiden menerima saran perdana menteri, dan menyerahkan Dewan diusulkan untuk mosi percaya dari kedua kamar parlemen. Perdana menteri, melalui kabinet, secara efektif menjalankan pemerintah Italia.



Nadhif R. Hanafi 12H

2 comments: