Thursday, November 17, 2016

Sistem pemerintahan Thailand






  

 Thailand memiliki jenis kekuasaan Monarki Konstitusional dan menggunakan sistem permerintahan palementer.

Sistem Pemerintahan Thailand

 Thailand juga menganut sistem multi-partai.Namum, Namun, dalam Pemilihan Umum 2005,Partai Thai Rak Thai memperoleh 377 kursi dari 500 kursi yang ada di Majelis Rendahdan dengan demikian menjadi "pemerintahan satu partai" yang pertama dalam Raja adalsejarah Thailand.

 

1. Eksekutif 

 Raja adalah kepala angkatan bersenjata dan penegak semua agama.,Raja melaksanakan kekuasaan kekuasaan eksekutifnya melalui cabinet dan memiliki hak untuk mendukung dan hak untuk memperingatkan pemerintah apabila pemerintah tidak menjalankan urusan negara atas nama kebaikan rakyat. Lembaga eksekutif dipimpin oleh Perdana Menteri yang di dukung pada 35 orang menteri.Kabinet bertanggungjawab atas administrasi 14 kementerian, dan Kantor Perdana Menteri.Perdana Menteri menjalankan roda pemerintahan atas nama Raja, oleh karena itu Perdana Menteri serta Menteri ditunjuk dan diangkat oleh Raja. 

2.Legislatif

 Lembaga legislatif di Thailand dinamakan Majelis Nasional. Majelis Nasional terdiri dari House of Representatives dan Senat.Keua House of Representatives menjadi ketua Majelis Nasional,dan ketua Senat menjadi wakil ketua Majelis Nasional. Badan legislatif Thailand adalah bikameral.500 anggota legislatifnya (anggota parlemen) dipilih secara populer. Menduduki jabatan selama 4 tahun.400 anggota berasal dari daerah (dipilih langsung oleh konstituennya; masing-masing mewakili sekitar 150.000 orang) 100 anggota berasal dari partai (dipilih secara tdk langsung oleh persentase suara yang diterima partai).Senat terdiri dari 200 kursi.

3.Yudikatif

 Lembaga Yudikatif Thailand terdiri dari Mahkamah Agung, pengadilan banding, pengadilan hakim, pengadilan buruh dan anak, serta pengadilan first instance

1 comment:

  1. Apakah Thailand mengenal istilah local legislative, atau kalau di Indonesia disebut DPRD (local assembly)?

    ReplyDelete