Wednesday, November 16, 2016

Sistem Pemerintahan Korea Utara

Sistem Pemerintahan Korea Utara

Korea Utara adalah negara di Asia Timur yang bertetangga dengan Korea Selatan, Rusia, dan Cina. Ibu kota terbesarnya adalah Pyongyang. 

Setelah perang Rusia-Jepang, Korea di kuasai Jepang pada tahun 1905. Setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia ke-2,  Korea dibagi dua untuk Soviet dan Amerika Selatan. Pada tahun 1948, Korea Utara menolak mengikut pemilihan umum gabungan Korea Selatan yang diawasi oleh PBB, sehingga terbentuk 2 pemerintahan terpisah : Korea Utara dan Korea Selatan, dipisahi oleh Zona Demiliterasi. Perang Korea pecah pada tahun 1950, sampai perjanjian gencatan senjata 3 tahun kemudian. Gencatan senjata ini masih berlangsung, sehingga secara resmi, Korea Utara dan Korea Selatan masih dalam keadaan perang hingga saat ini. 

Korea Utara mempunya sistem satu partai. Partai berkuasa tunggal tersebut adalah Partai Buruh Korea. Selain itu, negara ini mengikuti ideologi Jusche yang di mulai oleh Kim 2 Sung saat ia memimpin. Ideologi ini resmi setelah Korea Utara menerapkan konstitusi baru pada tahun 1972. Walaupun secara resmi, Korea Utara adalah negara sosialis namun dianggap oleh Dunia sebagai negara kediktatorian totalitas Stalinis.

No comments:

Post a Comment